-->

Sholawat An-Nawawi Serta Kisahnya

An-Nawawi

Sholawat An-Nawawi Serta Kisahnya-Yahya bin Syaraf bin Hasan bin Husain An-Nawawi adalah seorang ulama dan imam yang terkenal di kalangan masyarakat Muslim di Syria pada abad ke-7 Hijriah. Ia dilahirkan di Nawa, sebuah kampung di daerah Dimasyq (Damascus) pada bulan Muharram tahun 631 H. 

Sholawat An-Nawawi

Beliau dididik oleh ayahnya yang terkenal dengan kesalehan dan ketakwaannya, dan mulai belajar di katatib (tempat belajar baca tulis untuk anak-anak) dan hafal Al-Quran sebelum menginjak usia baligh. Ia kemudian menjadi seorang ulama yang terkenal di Syria dan menulis beberapa karya yang sangat penting dalam bidang fikih (hukum Islam) dan tasawuf (tasawuf).

Kisah dimana An-Nawawi rela untuk makan 1hari satu malam hanya sekali diwaktu malam setelah Isya demi belajar dan menuntut ilmu. Didalam Kitab " Qimatuz zaman 'indal Ulama' "nya Syaikh Fattah Abu Ghuddah, Hal. 72. sebagai berikut ;

النووي كان لا يأكل الا اكلة واحدة في اليوم والليلة.

قال ابو الحسن ابن العطار، ذكر لي شيخنا رحمه الله تعالي انه كان لا يضيع له وقتا، لا في ليل ولا في نهار الا في الاشتغال بالعلم حتى في الطريق يكرر او يطالع، وانه دام علي هذا ست سنين، ثم اخذ في التصنيف والافادة والنصيحة وقول الحق، ويشرب شربة واحدة عند السحر، ويمتنع من اكل الفواكه والخيار، ويقول : اخاف ان يرطب جسمي ويجلب لي النوم، ولم يتزوج.

" Abul Hasan al Atthor berkata ; " Guruku ( Imam An-Nawawi Asy-Syafi'iy ) pernah menuturkan kepadaku, bahwa beliau tidak pernah menyia-nyiakan waktunya sesaat pun, waktunya senantiasa habis untuk menuntut ilmu, bahkan dijalan pun beliau selalu mutholaah kitab atau mengulang-ulang pelajaran/ hafalannya dan hal ini berlangsung selama 6 tahun. Beliau juga mengarang, mengajar, memberi nasehat dalam hal kebaikan. Sehari semalam beliau hanya makan dan minum sekali ( itupun ) pada akhir waktu isya' ( sahur ). beliau tidak mau makan buah-buahan dan mentimun karena khawatir tubuhnya menjadi lemah dan membuatnya mudah mengantuk, dan beliau membujang sampai akhir hayatnya ".

Dan bahkan dituturkan pula pada Hal. 73 tentang keseharian beliau yang pas-pasan, tapi tidak menyurutkan tekadnya untuk terus belajar dan mengajar serta mengarang kitab..

تقشف النووي وتخشنه في مطعمه وملبسه وعيشه.

ولازم الاشتغال والتصنيف ونشر العلم، والعبادة والاوراد والصيام والذكر، والصبر علي العيش الخشن في المأكل والملبس ملازمة كلية لا مزيد عليها، ملبسه ثوب خام، وعمامته سختيانية صغيرة. وتوفي سنة ٦٧٦ رحمه الله تعالي، فكانت حياته ٤٥ سنة، وترك من المؤلفات الكثيرة العظيمة ما قسموه على ايام حياته فكان لكل يوم فيها اربعة كراريس.

" Beliau selalu sibuk mengarang kitab, menyebarkan ilmu, beribadah, baik dzikir maupun puasa dan sabar terhadap kehidupannya yang serba pas-pasan, baik dari segi sandang dan pangan. Pakaian beliau terbuat dari kain yang sederhana dan surbannya terbuat dari bahan sejenis kulit . Beliau wafat pada tahun 676 H, pada usia relatif masih muda, yaitu 45 tahun, dengan meninggalkan banyak karangan kitab dalam jumlah banyak. Dimana jika jumlah karangan kitab beliau dibagi dengan jumlah usianya maka akan didapati bahwa beliau mengarang setiap harinya 4 kitab.

Berikut ini adalah bacaan arab, latin serta terjemahan sholawat imam An-Nawawi

Sholawat An-Nawawi


sholawat an-nawawi

BACAAN LATIN SHOLAWAT AN-NAWAWI
ALLAAHUMMA SHOLLI'ALLAA MUHAMMADIN 
'ABDIKA WAROSULIKA 
NABIYYIL UMMIYYI 
WA'ALAA AALI MUUHAMMADIN 
WAAZWAAJIHII 
WAZURRIYATIHII 
KAMAA SOLLAITA 'ALAA IBRAAHIIMA 
WA'ALAA AALI IBRAHIIMA 
WABAARIK 'ALAA MUHAMMADIN NABIYYIIL UMMIYYI 
WA'ALAA AALI MUHAMMADIN 
WAAZWAAJIHII 
WADZURRIYATIHII 
KAMAA BAARAKTA 'ALAA IBRAHIIMA 
WA'ALAA AALI IBRAAHIIMA 
FIL'ALAMIINA  INNAKA HAMIIDUM MAJIIDU.

artinya
“Wahai Allah! Limpahkanlah solawat ke atas MuhammadhambaMu dan pesuruhMu, nabi yang buta huruf, dan ke atas keluarga Muhammad dan isteri-isterinya dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah melimpahkan solawat ke atas Ibrahim dan ke atas keluarga Ibrahim. Dan limpahkanlah barakah ke atas Muhammad, nabi yang buta huruf, dan ke atas keluarga Muhammad dan isteri-isterinya dan keturunannya, sebagaimana Engkau telah limpahkan barakah ke atas Ibrahim dan ke atas keluarga Ibrahim, pada sekalian alam. Sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji, Maha Mulia.” 

Komentar oleh Asy-Syeikh Yusuf Isma’il An-Nabhani:

Telah berkata Al-Imam Muhyiddin An-Nawawi di dalam Al-Azkar,bahawa solawat ini adalah lebih utama daripada yang lain daripadanya, kerana ia telah ditetapkan di dalam dua buah kitab sohih, AlBukhari dan Muslim 

Itulah Sholawat An-Nawawi Serta Kisahnya semoga membuat kita semua semakin cinta akan sholawat.
LihatTutupKomentar
y