-->

Doa Istighfar dan Maknanya dalam Tradisi Islam

Doa Istighfar dan Maknanya dalam Tradisi Islam

Doa Istighfar dan Maknanya dalam Tradisi Islam-"Istighfar" adalah istilah dalam bahasa Arab yang sering diterjemahkan sebagai "mencari ampunan" atau "taubat". Dalam tradisi Islam, istighfar adalah doa atau permohonan yang dibacakan untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang dilakukan dan menyatakan penyesalan atas kesalahan yang telah dilakukan.

Bentuk istighfar yang paling umum adalah "Astaghfirullah," yang berarti "aku memohon ampunan kepada Allah." Muslim percaya bahwa membaca frasa ini dengan tulus dan rendah hati dapat membantu mereka mencari pengampunan Allah dan mencapai pemurnian spiritual.

Doa atau istighfar dibawah ini Habib yang susun, silahkan di amalkan bagi yang mau mengamalkannya, insya Allah berkah di dunia maupun di akhirat dan kelak di akhirat akan di senangkan oleh buku catatan amal kebaikannya.

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ فِي كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ عَدَدَ مَغْفِرَةِ اللهِ وَ رَحْمَةِ اللهِ وَ رِضَا نَفْسِ اللهِ وَ مَا فِى عِلْمِ اللهِ

ASTAGhFIRULLAAHAL ‘AZhIIMA WA ATUUBU ILAIH(I), FII KULLI LAMHATI(N/W) WA NAFASIN, ’ADADA MAGhFIROTILLAAH(I), WA ROHMATILLAAH(I), WA RIDhOO NAFSILLAAH(I), WA MAA FII ‘ILMILLAAH(I),

Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung dan aku bertaubat kepada-Nya di dalam setiap kerlipan mata dan nafas, sebanyak ampunan Allah, sebanyak rahmat Allah, sebanyak keridhoan diri-Nya Allah, dan sebanyak apa-apa yang ada di dalam pengetahuan Allah.

Dibaca bebas, semakin banyak dibaca semakin bagus, minimal dibaca 3x sehabis sholat 5 waktu. Habib ijazahkan, Ajaztukum.


Berdasarkan penjelasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa "Istighfar" adalah istilah dalam bahasa Arab yang memiliki arti "mencari ampunan" atau "taubat" dalam bahasa Indonesia. Istighfar merupakan doa atau permohonan yang dibacakan untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang dilakukan dan menyatakan penyesalan atas kesalahan yang telah dilakukan dalam tradisi Islam. Istighfar dapat dilakukan dengan membaca frasa "Astaghfirullah" dengan tulus dan rendah hati untuk memohon pengampunan Allah dan mencapai pemurnian spiritual.
LihatTutupKomentar
y